Book Review : IKIGAI Hector Garcia & Francesc Miralles

post by. Vinasyah 13th of Mei 2022


Suka baca buku nggak sih? Suka dong... hahaha maksa yak. Oke gini, ceritanya. This could be one of my re-read books, after Rich Dad, Poor Dad by. Robert Kiyosaki. Beneran asli sih, suka banget sama buku ini. Different type of book, I recon! tapi nggak tau kenapa vibe nya tuh ngaruh banget ke buku ini. Jadi ceritanya kita kena mental panic buying kalo pesawat dah mau take off dalam setengah jam dan Periplus ada di depan mata. Jadi aku beli. wkwkwk

Ini buku beneran sering nongol di halaman explore instagramku, dan nggak tau kenapa kok belum pernah ngerasa "keracunan" buat beli, at least kalo dompet udah borok banget, nyari pdf gratisan pake VPN :( maap anaknya ilegal sometimes.

You book geek, remember the different reading on e-reader and open the actual book with its PHENOMENAL smells, huh? hahahhaha exactly! Aku jujur aja lebih suka baca actual book ya dibanding via e-reader, tapi berhubung e-reader bener-bener pockety dan handy, jadinya akhir-akhir ini sering banget megang kindle dibanding an actual book. Luckily, IKIGAI ini bukunya kecil banget geys. beneran handy buat dibawa kemana-mana. I know, I can read more books with Kindle in a matter of a day, dan bawa IKIGAI bakalan cuma kelar dalam beberapa kali ngantri di tempat umum, dan atau nungguin anak boker, ya nggak sih hahahha. jadi belum pernah aku bawa kemana-mana juga. Buat apa?

But, re-read??? YESS!!

Jadi apa aja sih kira-kira yang wajib di antisipasi di buku ini? Pertama, belilah versi bahasa inggrisnya, (buat yang nggak apa-apa baca enggres), karena dijamin nggak ngejlimet kaya terjemahan. dan langsung ke pin point penting dari si Author juga. Lebih kena di hati :(

This selfhelp book bisa dibilang my MOST FAVE book, handsdown! ini buku mengenai The happiness of always being busy, dan The simplicity of mostly everything. Gila nggak paham sih, rahasia hidup panjang lebarnya orang Jepang dikupas tuntas di buku ini. Bener-bener bikin speechless! Menurutku buku ini easy to read, dan gampang buat kita pahamin maksudnya di akhir. Ok, let's do the review!

IKIGAI : The Japanese Secret of a Long & Happy life



Fair disclaimer : I read books like I breathe oxygen! So, this post is not sponsored by anyone, I bought this out of my own pocket!

Baik, langsung aja aku review nya yak. Jujur nggak bisa panjang lebar, karena menurutku; anyone at least once in a lifetime, buat baca buku ini langsung, sendiri. kalo mau minjem yaudah dm deh buruan, (@vinasyah) –A little spoiler allert!

Jadi ceritanya ada 2 penulis buku IKIGAI in, yang keduanya bukan orang jepang, yaitu Hector Garcia & Francesc Miralles, mereka berdua ceritanya lagi mau berangkat study di Okinawa, Jepang. Ketika sampai disana, mereka nemuin (orang-orang)human, with the longest life living in this planet! Alias orang orang tua di Jepang, yang usianya bahkan diatas 100 tahun. beberapa ada yang mencapai hampir 120an tahun! Kebayang nggak? Nggak sih. This is why this book took all my attention! Karena nggak pernah denger juga manusia bisa 2x lipet menjalani hidup dari yang standar nya di range 60-80an. WOW!

Dan memang sangat-sangat terkenal kan, bahwa Jepang adalah negara dengan penduduk yang paling pandai menjaga life-longevity nya. Nah disini, kedua penulis akhirnya memutuskan untuk meng-konseptualisasi buku IKIGAI di kota Okinawa, Jepang. dan belajar langsung dari para orang-orang tua ini.

If you think they do skin care better than the rest of us,–they might! hahahhaa, tapi intinya bukan soal skincare ya, phleeaasee :( ini tentang bagaimana mereka bisa menyeimbangkan the simplicity of life, dan menemui makna hidup mereka masing-masing. A little contadictive with religious related issues, sih menurutku. Tapi anggap aja, beberapa orang tanpa religious peace of mind, memang membutuhkan keseimbangan ini. Dan disinlah kenapa IKIGAI akhirnya booming!

––––––––––



Gambar diatas ini menunjukan how IKIGAI works! jadi si bunga indah ini akhirnya menyempurnakan makna yang bisa di tarik dari hidup seseorang. Bisa kita lihat point-pointnya itu thoughtfull banget, dan beneran kebayang banget sih aku, kalo kita bisa menyelaraskan poin poin diatas, kita mungkin akan mencapai IKIGAI. jadi intinya secara keseluruhan dari tiap point diatas harus harmony. Dan ini lah yang orang Jepang, lakuin! Untuk bisa ngejaga hidup panjang umur nya sampai lebih dari 100 tahun.

Nah, kebayang kan maksudnya? untuk tahu lebih lanjut mengenai IKIGAI, mending baca langsung deh bukunya. karena sayang juga kalau cuma baca review doang tanpa bener-bener paham apa aja kiat-kiat nya. Karena meskipun bukunya kecil dan simple banget, isinya nggak se-simple itu shay! Beneran thoughtfull, thick, meaningfull!



My Final Verdict


I personally, as a muslim, will be terified to live that long, jujur aja yak! hahahhaha, takut, masa tua malah nambah-nambah dosa yang ada pulangnya berat gua. Tapi, I have to say, buku ini bener-bener an eye opener! Bener bener bisa buka mata dan pikiran kita, untuk mempertimbangkan hidup kita mau dibawa kemana, mau dijadiin apa, dan tetep sehat bugar bahagia! Menurutku ini point pentingnya yang bisa aku ambil ya, which I hope you'll do too. Karena kaitannya akan langsung ke rasa bersyukur atas semua ke Allah Subhanahuwata'ala. Dan jujur aja, buku ini ngasih aku kepercayaan diri untuk terus lanjut ngelakuin hal-hal yang aku suka! Terutama karena hal yang aku suka nggak cuma bikin happy, tapi juga menghasilkan money, hehe.

Beberapa point yang membahas anatomy tubuh manusia pada umumnya, dan mengutarakan untuk terus bergerak juga jadi peringatan penting buat aku. Bahkan dalam Islam-pun, Rasulullah menganjurkan kita untuk banyak bergerak kan, seperti jalan kaki, olah raga, dan bahkan hijrah, yang literally artinya pindah-pindah. (bergerak)
This is a good relation to Islamic point of view, dan aku sukaaaakk!!

–––––––


Selain itu banyak funfact yang keren banget mengenai keselarasan orang orang Jepang ini, misalnya makanan yang mereka makan itu sangat dipilih dengan baik, dan di olah pula dengan cara yang baik. All of their food, must have contained an antioxidant rich! Dan orang jepang menjadikan Green Tea, salah satu sumber antioxidant yang nggak di remeh temehin! beneran jadi keseharian mereka untuk mengonsumsi Green tea. Nggak kebayang juga superfood seperti apa yang mereka sajikan untuk stay as young, and active as everyday!

Jujur semenjak baca Ikigai, aku ngerasa lebih aktif secara nggak sadar. Mantengin step di watch jadi aktifitas fave aku akhir-akhir ini setelah tau manfaat melangkahkan kaki yang sebegitu-pentingnya dibahas di IKIGAI!

Hal lain, yang menarik perhatian yaitu soal, Proffesion. lumayan bikin mikir berhari-hari kenapa penting banget untuk mengklaim keberadaan kita sebagai seseorang di dalam hidup ini, dan kaitannya langsung kepada dunia! Atau masyarakat kecilnya yaitu semisal tetangga, keluarga sendiri, atau kerabat. Bagaimana kepercayaan kita kepada diri kita sendiri akan profesi kita, dan yang bisa kita kontribusikan langsung kepada dunia(atau masyarakat terdekat), justru menjadi hal paling positif yang bisa mengubah cara pandang kita terhadap makna hidup yang aslinya. Jujur, I feel vulnarable, baca buku ini dan bener-bener mempengaruhi mental, dan keinginan untuk terus ngelakuin yang terbaik –hence, self-help book!

di akhir bukunya, ada beberapa dialog yang dilakukan 2 penulis ke penduduk Okinawa dengan usia tertua juga! Wow, ini keren pokoknya. Jadi harus baca!

Should I be recommend this book?

YES!
Rating : 5/5 ★★★★★

Informasi mengenai Ikigai :
Harga : IDR 320.000 (beli di Periplus)
Bahasa : English
Tipe : Hardcover book

Beli buku ikigai dengan harga yang lebih murah, klik disini! IKIGAI, The Japanese Secrete to a Long & Happy life.







Hey!


welcome to my website!

I'm Vina!


I'm the founder of VNSY Design.
My website is more likely my personal blog, where you hopefully find educating content, tips and tricks, recomendations, book and tech reviews, entrepreneur life. Even babies and mommy stuffs too! Let's be friend!


visit VNSYdesign

Shop My Portfolio!

Mangata Series. By Wearing Ameera

Links
Social Media
Newsletter
`Subscribe
@2022 Vinasyah Inc.